BERKOMITMEN


Berkomitmen ini berarti berjanji pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi berkomitmen di sini adalah berkata pada diri sendiri kalau kita harus melakukan sesuatu hal dengan baik dan konsisten, tidak mudah terpengaruh yang bertujuan untuk mencapai suatu target tertentu. Dengan memiliki komitmen ini tentunya orang akan tidak mudah goyah dan terpengaruh untuk menjalankan sesuatu seperti yang telah menjadi komitmennya dan juga tidak akan mudah putus asa seberat apapub hal yang dijalani karena dia telah menentukan target yang harus dicapainya dengan jelas.
Berkomitmen ini berarti kita sudah harus memiliki tujuan hidup dan juga target yang akan kita capai di masa yang akan datang dengan jelas. Dan biasanya orang yang berhasil itu selalu memiliki target yang harus dicapai dari apa yang akan dilakukannya dan kemudian dia akan melakukan sesuatu tersebut dengan penuh keyakinan dan juga sungguh2. Misalnya seorang atlit sepak bola professional. Dia memiliki tujuan 2 tahun di masa datang dia ingin bisa bermain di klub2 besar. Nah untuk mencapai tujuan tersebut tentunya dia berkomitmen untuk lebih giat berlatih dan meningkatkan skillnya agar bisa menajadi pemain yang terkenal. Dan setelah berkomitmen dan juga bertekad untuk mencapai tujuan tersebut dia akan berlatih keras hingga menjadi pemain yang terkenal dan bisa bermain di klub besar. Jadi bisa dilihat kalau komitmen tersebut harus dijalankan dengan tekad yang kuat dan tentunya akan membuat seseorang berusaha terus untuk mencapai tujuannya.
Berkomitmen juga akan membantu kita dia membentuk pribadi yang lebih kuat dan juga bermental baja. Jadi segala masalah yang datang tidak akan menggoyahkan pendirian seseorang untuk berusaha karena dia sudah punya mental yang kuat dan yang sudah terlatih. Nah ini seperti seorang tentara yang masa pendidikannya pertama kali adalah pembentukan mental. Jadi di sini mereka diberi pendidikan dan diajarkan untuk membangun karakter dan juga mental yang kuat. Dan tentunya mereka harus punya komitmen di sini agar dapat memenuhi dan menyelesaikan pendidikannya ini. Karena pendidikan mereka sangat tegas selain latihan fisik namun mental mereka juga ditempa untuk kokoh dan tidak mudah gentar. Jadi Berkomitmen akan membantu seseorang untuk membentuk karakter mereka yang berguna untuk  memenuhi tanggung jawab yang dimiliki.
Komitmen yang kuat dan dibuat dengan sungguh2 tentunya akan membuat seseorang untuk tidak mudah putus asa jika menghadapi kegagalan dan mereka tetap bisa konsisten dalam melakukan sesuatu. Orang yang sudah bersungguh2 untuk mencapai tujuan tentu akan melakukan usaha apa pun untuk bisa berhasil. Ketika yang dilakukannya tidak berhasil maka dia akan berusaha lagi dengan melakukan cara yang lain. Dan tentunya orang2 yang berkomitmen akan sulit untuk dijatuhkan karena mereka cenderung keras kepala untuk mewujudkan hasilnya. Jadi bila kita berkomitmen untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat dan juga baik, maka tentunya pengaruh2 dari luar pun tidak akan menggoyahkan pendirian kita dan juga kita tetap bisa focus untuk mencapai yang apa kita inginkan tersebut.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar