CARA MENGISI KESENDIRIAN

Em terkadang kan kita sedang sendiri dan bingung mw ngapain ya. Rasanya ga ada hal yang bisa dikerjakan lagi. Ayo jangan biarkan kesendirian digunakan untuk hal2 yang tidak berguna yang malah membuat kita tidak bisa berkembang. Sebenernya ada beberapa hal bermanfaat yang bisa kita lakukan saat kita sendiri ketimbang cuma bengong dan tidur aja.
Nih beberapa tips dari saya buat mengisi kesendirian:
1. Introspeksi diri
Kita bisa merenung saat kita sendiri, merenungkan apa saja yang telah kita lakukan dan lebih berkenalan dengan diri sendiri. Dengan Intropeksi diri kita dapat mengevaluasi Kata-kata, Impian kita, Sikap kita, Tindakan kita, dan Pemikiran kita ke arah yang lebih baik. 
Sudahkah kita melakukan hal yang benar? Sudahkah tujuan kita tercapai? Siapakah saya ini?
coba ajukan pertanyaan2 ini ke diri sendiri  saat kita sedang sendiri. Coba jawab pertanyaan tersebut dengan jujur karena Instropeksi diri adalah melihat ke dalam diri sendiri, Nah pada waktu melihat diri sendiri inilah kita harus benar-benar jujur untuk menghasilkan introspeksi diri yang tepat. Dan setelah itu mulailah hidup baru perbaiki kesalahan yang lalu, berpikirlah ke depan dengan segala sesuatu yang baik. Maka jadikan kesendirian sebagai momentum diri menjadi pribadi yang sukses dan benar dengan introspeksi diri.

2. Kerjakan tugas yang harus dikerjakan
Ini juga penting untuk dilakukan. Janganlah menunda-nunda pekerjaanmu karena bebanmu akan semakin besar. Biasakanlah diri kita untuk mengerjakan tugas2 yang menjadi tanggung jawab kita. Tindakan sekecil apapun bisa memberi arti dan mendorong suatu perubahan. Mulai cicil pekerjaan2 yang ada atau mengerjakan tanggung jawab yang masih mudah dan terusa lakukan itu secara berkelanjuatan hingga itu bisa menjadi kebiasaan kita di saat sendiri.
Kalau masih ada saja rasa malas, coba paksakan diri kita untuk bertindak dan jangan berikan alasan pada diri kita untuk menjadi malas tetapi kondisikan diri kita untuk dapat melaksanakan tanggung jawab yang kita miliki tersebut. Coba lakukan hal tersebut dan rasakan manfaatnya pada diri anda!
Karena orang yang berhasil tidak pernah malas untuk berusaha!!! 

3. Lakukan hal yang menjadi kesenangan dan hobi anda
Untuk menghindari kebosanan saat sendiri lebih baik melakukan hobi atau hal2 yang membuat kita senang. Dengan begitu waktu terasa akan cepat berlalu karena kita sedang melakukan hobi dan kesenangan kita. Tetapi selalu ingat sebaiknya hal yang kita lakukan itu bisa memberi manfaat kepada kita selain bisa menyenangkan saja. Jadi jangan sampai hobi dan kesenangan kita itu malah membuat kita semakin buruk dan jauh dari kesuksesan. Kita harus bisa menilai apakah hal yang kita lakukan itu bisa memberi manfaat yang bagus bagi diri kita atau tidak. Belajarlah dari pengalaman yang sebelumnya, lanjutkan kegiatan yang memberi manfaat dan hentikan kegiatan yang tidak memberi manfaat pada diri kita.

4. Refreshing
Segarkan kembali diri anda saat sedang sendiri mungkin dengan cara perawatan tubuh atau mengunjungi tempat yang indah atau tempat2 yang bisa membuat anda kembali segar. Selain itu kita juga bisa melakukan hal2 yang menyenangkan yang bisa membuat pikiran kita kembali segar lagi seperti mendengarkan musik menonton film atau acara2 komedi yang bisa membuat tertawa. 
Dan untuk sejenak lupakan dulu masalah2 yang ada dan lakukan hal2 yang sedikit konyol seperti menyanyi dengan keras, menyetel musik dengan keras atau apa lah agar kepenatan yang kita rasakan itu bisa hilang dan kembali bersemangat untuk beraktifitas lagi.

5. Silaturahmi dengan teman, saudara atau keluarga
Kita juga bisa menjalin silaturahmi saat kita sedang sendiri. Misalnya saja dengan menelepon atau sms teman lama. Tanyakan keadaanya atau ceritakan keadaan anda saat ini. Saling berbagi ini bisa lebih menguatkan tali silaturahmi walaupun sudah lama tidak bertemu tetapi tetap saling berhubungan. Alangkah baiknya bila hubungan pertemanan itu tetap terjaga, karena mungkin suatu saat kita membutuhkan informasi dari dia ataupun membutuhkan informasi dari dia.Dan selalu ingat kalau manusia itu tidak bisa hidup sendiri, tetapi pasti membutuhkan bantuan orang lain. So, ayo kita lebih eratkan lagi hubungan silaturahmi dengan orang lain, jalin hubungan yang baik dengan siapa saja karena itu nantinya akan bisa membantu kita untuk melangkah dan menempuh kehidupan yang lebih baik lagi. 

6. Berkreasi dan kembangkan kemampuan anda 
Saat kita sendiri sebenarnya kita masih tetap bisa mengembangkan diri kita. Berlatihlah untuk terus mengembangkan kemampuan anda, seperti kemampuan berbicara, menulis ataupun kerampilan2 lain yang nantinya bisa berguna bagi anda. 
Misalnya berlatih berbicara di depan umum, maka saat sendiri kita bisa berlatih untuk membaca di depan cermin. Jadi gunakan waktu kesendirian tersebut untuk terus mengembangkan potensi2 yang ada dalam diri kita. Membaca buku atau berita juga bisa menambah wawasan dan pengalaman kita yang pasti berguna untuk menentukan langkah2 kita ke depan nanti.
Jangan biarkan waktu itu untuk terbuang percuma saat kita sendiri, manfaatkanlah waktu itu sebaik-baiknya karena waktu tidak akan pernah kembali dan akan terus berjalan.

7. Coba berpikir dan mengamati perkembangan di sekitar kita
Jadi di saat kita sendiri sebaiknya gunakan waktu itu untuk memikirkan apa yang ada di sekitar kita. Misalnya teman2 kita, kondisi lingkungan sekitar kita, masyarakat , ekonomi dan politik, dan sebagainya. Dengan begitu kita bisa belajar untuk lebih peka terhadap perubahan2 yang mungkin terjadi di sekitar kita ini. Dan belajarlah untuk bisa menilai sesuatu dengan baik. Kita harus bisa menilai setiap hal2 eksternal yang nantinya bisa berpengaruh positif dan negatif pada diri kita. Jadi kita bisa mengetahui hal2 apa saja yang harus kita terima dan bisa melakukan perubahan2 di sekitar kita ini. 
Coba bandingkan antara hal satu dengan yang lain apakah itu berhubungan dan juga bisa mempengaruhi ktia nantinya. Misalnya saja sedang terjadi konflik di sekitar kita. Maka bagaimanakan kita bertindak nantinya harus kita pikiran dengan baik. Jangan sampai kita terpengaruh oleh faktor2 eksternal yang berdampak negatif. Pandai2 lah untuk menilai sesuatu dan cobalah untuk peka dengan perubahan yang ada.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar