KEDISIPLINAN


Disiplin di sini berarti rasa taat dan patuh terhadap peraturan dan juga nilai2 tertentu yang menuntut seseorang untuk melakukan sesuatu dengan baik. Jadi disiplin ini bisa juga berarti melakukan sesuatu yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan tujuan tertentu dan juga melakukan sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawabnya.. Tentu saja melatih disiplin diri akan bermanfaat bagi diri kita karena bisa mengajarkan dan melatih kita untuk bisa bertanggungjawab dengan apa yang menjadi tugas kita dan juga bisa mematuhi aturan2 yang ada.
Untuk menjadi pribadi yang disiplin kita harus membiasakan diri kita untuk menjadi orang yang disiplin. Orang yang disiplin nantinya akan bisa lebih menghargai waktu dan juga tanggung jawabnya sehingga dia akan melakukan semua tanggung jawabnya tersebut dengan baik dan juga tepat waktu. Misalnya saja waktu sekolah, orang yang sudah terbiasa disiplin dan menghargai waktu akan sudah tiba di sekolah sebelum jam pelajaran dimulai bahkan sudah jauh lebih awal. Karena dia tahu kalau dia harus bertanggung jawab sebagai seorang siswa. Nah tentu saja nantinya ini akan bermanfaat sampai kapanpun kalau bisa membiasakan disiplin. Kita akan menjadi orang yang tidak menunda2 pekerjaan, lebih menghargai waktu dan tidak menyukai keterlambatan dan juga terbiasa dengan kebiasaan hidup terencana dan juga terjadwal.
Untuk itu biasakanlah untuk bertindak dengan disiplin dengan beberapa cara berikut:
  1. Berlatihlah untuk menjadi orang yang bertanggung jawab dengan diri sendiri dan juga orang lain. Jangan mengabaikan tugas dan juga kewajiban yang menjadi tanggung jawab kita. Tetapi terima tanggung jawab itu dan lakukan dengan baik agar nantinya tidak mengecewakan diri sendiri dan juga orang lain. 
  2. Terbiasalah untuk lebih menghargai waktu. Lakukan yang harus dilakukan dengan segera tetapi tidak tergesa2, maksudnya tidak menunda2 atau mengabaikan hal tersebut. 
  3. Terbiasalah melakukan sesuatu dengan terencana. Dan untuk itu maka kita harus memiliki tujuan yang jelas dari apa yang dilakukan tadi dan juga bisa mengkondisikan diri untuk memenuhi tujuan tersebut. Lebih utamakan hal2 yang menjadi prioritas untuk dilakukan seperti tugas2 atau pekerjaan, dan mengabaikan hal2 yang tidak berguna seperti bermain dan juga game. Berusaha mengabaikan hal2 yang bisa merugikan anda dan membuat anda tidak bisa melakukan tanggung jawab dengan baik.
  4. Patuhi komitmen yang telah dibuat dan juga peraturan2 yang ada. Biasakanlah untuk bertindak sesuai peraturan. Karena peraturan tersebut dibuat tentu dengan tujuan yang baik agar bisa mengarahkan tindakan kita ke arah yang lebih baik. 
  5. Teguhkan pendirian kita dan tetap peka dengan hal2 di luar kita. Pelajarilah hal2 yang bisa memberi manfaat dan juga membangun diri kita dan abaikan hal2 yang akan merusak diri kita.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar