CARA MENGATASI RASA TAKUT

Terkadang pasti kita akan merasa takut untuk menghadapi suatu hal yang kita anggap itu adalah sesuatu yang menakutkan dan membuat kita tidak berani untuk mencoba atau melakukannya. Bahkan saya sendiri pun sering mengalami rasa takut untuk menghadapi hal2 baru yang di luar kebiasaan saya. Mungkin saja kita merasa takut ketinggian, takut berenang, takut tampil di depan umum, takut presentasi, dll. Nah di sini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi rasa takut tersebut.

1. Mengenal/mengidentifikasi apa persisnya yang membuat kita merasa takut
Jadi kita harus benar2 paham apa sih yang membuat kita itu menjadi takut untuk melakukan sesuatu. Dengan mengetahui hal yang membuat kita takut itu paling tidak kita bisa membuat persiapan untuk mengatasi rasa takut tersebut, 
contohnya saat kita takut berenang, kita harus memahami hal yang sebenarnya membuat kita takut dari berenang itu apa sih?? misalnya saja kita takut untuk tenggelam, dengan begitu kita bisa melakukan persiapan agar tidak tenggelam mungkin dengan cara meminta pertolongan orang lain untuk membantu anda berenang, gampang bukan??

2. Berpikir positif, positif dan positif
Nah mungkin kata2 ini udah sering dikatakan oleh banyak orang kan, tapi memang benar kalo kata2 ini paling ampuh.
Ok mari kita bahas, mungkin ketika kita mengalami rasa takut itu dikarenakan kita memikirkan kegagalan yang akan kita terima jika kita melakukan sesuatu. Sebenarnya kegagalan itu bukanlah hal yang perlu dijadikan momok yang mengerikan, karena bila kit berkaca pada orang2 yang berhasil sebenarnya mereka juga banyak mengalami kegagaln sebelum mereka berhasil. So mari kita selalu positif thinking jangan pikirkan sesuatu dari kegagalanya tetapi pikirkan sesuatu dari sisi keberhasilanya karena dengan begitu maka semangat kita akan muncul untuk melakukan sesuatu yang menjadi ketakutan kita.
Dan kalau bisa bergaulah dengan orang2 yang memiliki semangat hidup yang tinggi dan juga selalu positif thinking dengan begitu semangatnya bisa tertular ke anda.

3.Beranikan anda untuk menghadapi rasa takut tersebut 
Jadi terkadang kita mengalami rasa takut itu dikarenakan kita tidak terbiasa untuk melakukan sesuatu tersebut, jadi kita akan cenderung untuk enggan dan takut untuk melakukanya.
Ada orang yang bilang  " Orang bisa karena biasa " ini adalah kata2 yang saya anggap benar. Jadi cara paling tepat dan efektif untuk mengatasi rasa takut anda itu adalah paksakan diri anda untuk bisa melakukan sesuatu yang menjadi ketakutan anda tersebut, dan biasakan diri anda untuk melakukan hal tersebut dengan begitu semakin anda terbiasa maka akan semakin rasa takut tersebut itu hilang.
Mungkin untuk melakukan sesuatu yang membuat takut itu untuk pertama kalinya anda akan mengalami suatu kegagalan seperti misalnya orang takut berenang saat pertama kali berenang akan menelan air 2liter(misalnya aja yah). tetapi ketika ia melakukan untuk kedua kalinya ia cuma menelan 1liter air, dan selanjutnya semakin sering ia berenang maka semakin sedikit air yang akan ia minum karena dia sudah terbiasa renang dan rasa takut untuk renangnya pun .

4. Katakan kepada diri anda "SAYA TIDAK TAKUT"
Pertama teguhkan diri anda, dan katakan "saya tidak takut" di dalam hati dengan tegas. Dengan begini maka anda akan termotivasi untuk melakukan hal tersebut, jadi jangan biarkan rasa takut menguasai anda tetapi andalah yang menguasai rasa takut tersebut sehingga rasa takut tersebut kita kendalikan dan kita ubah menjadi rasa semangat dan percaya diri.
Dan bila orang lain bisa, kenapa anda tidak??
jawab pertanyaan tersebut dengan tindakan nyata dan lakukan dengan sebaik-baiknya yang anda bisa. Walaupun terkadang kita tidak bisa sebaik atau sebagus mereka tetapi setidaknya kita sudah berusaha, dan jangan berhenti berusaha sampai di situ saja, tetapi lanjutkan terus usaha anda sampai anda bisa melampaui orang yang anda ingin kalahkan.

5. Latihlah mental untuk tdak mudah terpengaruh
Biasanya kita akan merasa takut bila menghadapi hal2 yang dirasa berbeda dan mendapat pengaruh2 yang negatif dari luar. Walaupun rasa takut itu tumbuh dari dalam diri kita tetapi terkadang itu dikarenakan pengaruh2 eksternal yang membuat rasa takut itu semakin besar. Untuk itu cobalah untuk menguatkan mental kita agar kita tidak mudah terpengaruh sugesti2 negatif yang membuat kita semakin takut nantinya. Cobalah untuk percaya diri dan biasakan untuk tampil sebaik mungkin dan tumbuhkan keberanian kita dengan melakukan hal2 yang bersemangat yang nantinya bisa lebih meluapkan emosi kita ini. Jadi cobalah membangun karakter diri yang berani, tangguh dan kuat sehingga kita tidak mudah untuk menjadi penakut dalam menghadapi segala hal dan selalu merasa tertantang untuk bisa menghadapinya.

Artikel Terkait:

1 komentar:

NONTON FILM ONLINE mengatakan...

makasih gan buat itpsnya sangat bermanfaat,,
terutama saya sngat penakut sekali,,

Posting Komentar