CARA MENGHADAPI MASALAH

Masalah dan cobaan memang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari karena yang namanya hidup itu ya penuh masalah. Tetapi ingatlah selalu setiap masalah itu akan memperkuat diri kita bukannya menghancurka diri kita dan juga setiap masalah pasti bisa diselesaikan seberapa sulitnya masalah tersebut. 
Ada orang yang bilang "Orang yang kuat adalah orang yang berani menghadapi masalah, bukan orang yang menghindari masalah". Nah jadi di sini semakin orang bisa menghadapi masalh dan menyelesaikannya orang tersebut semakin kuat karena ia akan mendapat banyak pengalaman dari menyelesaikan masalah tersebut. Tetapi sebaliknya orang yang menghindari masalah tidak akan mendapat pengalaman dari masalah tersebut dan tidak akan membuatnya menjadi lebih kuat. Ok mulai dari sekarang biasakan dan beranikan diri anda untuk menghadapi masalah dan coba ambil pengalaman yang bisa anda dapat dan selau ingat kalau semua masalah bisa diselesaikan jadi jangan takut akan masalah. Nah di sini saya akan memberikan beberapa tips untuk bisa menghadapi masalah;
1. Positif tinkhing lah pada semua masalah
Jangan anggap suatu masalah itu hal yang berat, jadikanlah itu sebagai tantangan yang bisa membuat kita bersemangat untuk menghadapinya. Jadi jangan berpikir kalau masalah itu hanya akan memperburuk kondisi anda, atau membayangkan kalau anda tidak mampu menghadapi masalah tersebut atau hal2 lainya yang menjatuhkan mental anda. Mulai sekarang berhentilah berpikiran negatif pada suatu hal karena hal itu hanya akan menjatuhkan mental kita. Untuk itu segera alihkan pikiran kita pada hal positif tentang masalah tersebut, anggaplah masalah tersebut adalah hal2 yang baik dan juga peluang untuk bisa membuat kita menjadi lebih baik lagi atau bisa membantu kesuksesan kita kelak. 
Kalau kita melihat dari sisi positifnya, dan bukan pada sisi negatifnya, ketakutan yang selama ini menjalar pada diri anda akan berkurang. Dan anda akan merasa menjadi pribadi yang lebih baik, lebih optimis, dan penuh semangat.

2. Kuasailah masalah dan bukan masalah yang menguasai anda
Jadi di sini maksudnya kita harus bisa mengendalikan masalah yang kita hadapi dengan tindakan yang kita lakukan dan bukan masalah yang mengendalikan tindakan kita. Ketika menghadapi masalah yang pertama janganlah panik karena ketika kita panik itu hanya akan menyebabkan pemikiran2 yang nantinya hanya akan membuat masalah tersebut terasa semakin berat.
Nah untuk itu latihlah ketenangan diri anda, kendalikan emosi dan pikiran anda agar ketika menghadapi masalah seberat apa pun kita tetap bisa berpikir jernih dan bisa melakukan tindakan yang tepat. Sekali lagi jangan anggap masalah itu adalah masalah, tetapi anggaplah itu adalah rintangan untuk bisa membuat kita menjadi lebih baik.

3. Jangan mendramatisir masalah
Tidak jarang ketika menghadapi masalah kita selalu melebih-lebihkan masalah tersebut sehingga masalah itu akan tampak gawat, darurat, seram dan mencekam. Padahal pada kenyataanya ketika masalah itu dijalani tidak segawat dan mencekam seperti yang kita pikirkan.
So yakinkan pada diri kita kalau kita itu mampu menghadapi masalah tersebut dan jangan terlalu memikirkan masalah tersebut tetapi ACTION saja lah.
Ada orang yang mengatakan "Stop tinkhing, Start ACTION!!". Daripada kita terus memikirkan masalah tersebut tanpa hasil yang jelas maka lebih baik action saja lah, lebih baik melakukan tindakan nyata untuk menyelesaikan masalah daripada hanya memikirkannya . Perubahan dan tindakan sekecil apapun akan sangat berarti, jadi jangan takut untuk bertindak

4. Paksakan diri kita untuk mengadapi masalah
Emm ini maksudnya jadi berusaha memaksakan diri untuk menghadapi masalah pada kondisi apapun. Karena masalah akan selalu hadir pada saat kita merasa kita tidak siap dan tidak mau, jadi paksakan saja diri anda untuk menghadapi masalah tersebut.
Intinya siap tidak siap, mau tidak mau terimalah tanggung jawab dan hadapi masalah tersebut apa pun resikonya. Dan berpikirlah kalau ini adalah suatu yang mendesak dan harus diselesaikan segera, dengan begitu kita akan lebih terpacu dan bersungguh-sungguh untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Karena ada orang yang bilang ketika kita berada pada kondisi yang terdesak kita akan melakukannya dengan penuh kesungguhan dan tak ada lagi penundaan, waktu yang singkat akan menekan kita bekerja cepat. Dalam situasi terdesak tersebut kita kerap bisa bertindak luar biasa.

5. Bertindaklah selayaknya orang profesional
Pasti kita memiliki sosok yang kita kagumi dan juga kita idolakan karena keberhasilanya entah itu orang terkenal ataupun itu teman kita sendiri. Nah dari situ ayo kita belajar bagaimana sih cara mereka bertindak menghadapi masalah. Cari tau kiat2 apa yang mereka gunakan ketika sedang menghadapi masalah dan juga tindakan2 nyata mereka untuk menyelesaikan masalh tersebut.
Jadi katakan pada diri kita "Kalau mereka bisa, kenapa saya tidak!!". Mungkin kata2 ini sudah sering terucap, tapi cobalah untuk memahami dan pelajari lebih dalam lagi maknanya. Jadi ketika mereka berhasil mengatasi masalah yang mirip dengan kita lalu kenapa kita tidak bisa? kita cukup meniru atau mempelajari apa yang mereka lakukan dan mempraktekkanya dalam kehidupan kita sendiri atau kita bisa menyelesaikan masalah dengan cara kita sendiri sesuai dengan apa yang kita ingin lakukan. Jadikanlah hal ini sebagai motivasi yang mendorong kita untuk bisa terpacu menghadapi masalah.

6. Meminta bantuan orang lain
Ketika masalah yang dihadapi sudah terlalu berat dan sangat membebani mental jangan simpan masalah ini sendirian. Sebaiknya bicarakan ini kepada orang lain karena walaupun orang lain tidak bisa membantu masalah kita tetapi secara tidak sadar beban mental kita akan berkurang karena kita telah mengungkapkan keluh kesah kita kepda orang lain. Jadi jangan malu untuk saling sharing kepada orang lain agar kita merasa lebih baik dan tidak terlalu terbebani. Dan terkadang tidak jarang ada orang yang bisa membantu meringankan masalah kita. 

7. Analisis masalah dengan baik
Tentunya kalau ingin menyelesaikan masalah dengan baik kita harus bisa melihat latar belakang dan juga faktor2 yang bisa membuat kita berhasil menghadapi masalah tersebut. Maksudnya kita harus lebih mengenal masalah yang dihadapi, jangan menganggap hal itu sulit sebelum kita tahu di mana letak permasalahannya. Semua masalah itu pasti bisa diselesaikan cuma kita yang harus bisa menemukan solusi yang tepat. Untuk itu berusahalah untuk berpikir dengan jernih dan tenang dan cobalah analisis masalah yang ada kemudian tentukan beberapa solusi yang dikira bisa menyelesaikan masalah tersebut. Yakin lah selalu dengan apa yang kita lakukan nanti pasti akan berhasil kalau kita telah mengetahui di mana pokok2 masalah tersebut. Dan ingatlah tidak ada hal yang tidak mungkin untuk dilakukan jika kita mau berusaha dengan baik dan menilai sesuatu tersebut dengan baik.

Artikel Terkait:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Berdoa dan selalu bersyukur

Posting Komentar