CARA MENGETAHUI KELEBIHAN DIRI KITA


Banyak orang mungkin ingin mengetahui apa sih kelebihan yang dimiliki, namun untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki tersebut tidak sering kalau mereka menjadi bingung dan tidak mengetahui jawabannya. Kelebihan itu sebenarnya ada pada setiap orang, nah tinggal bagaimana kita mengetahuinya dan mengembangkan kelebihan yang kita miliki itu agar bisa memberi manfaat pada diri kita dan juga bisa membantu kesuksesan kita. Nah saya akan memberikan beberapa tips agar kita semua bisa mengetahui kelebihan yang kita miliki.
1. Instropeksi diri
Kita harus bisa untuk mengenal lebih dalam mengenai diri kita sendiri, dengan begitu nantinya kita bisa menggali potensi2 yang ada pada diri kita dan bisa mengembangkan potensi tersebut menjadi hal yang bisa memberi manfaat pada diri kita. 
Tanyakan hal ini pada diri kita. Siapakah diri kita?? apa yang kita miliki??
Dari pertanyaan itu mulai lah untuk lebih introspeksi diri lagi, mulai mengenal diri kita lebih dalam lagi. Carilah potensi2 yang ada di dalam diri kita yang kita rasa kalau itu adalah hal yang kita senangi dan dirasa cocok untuk kita lakukan. Hal2 yang pernah kita lakukan dan mendapat suatu pujian atau pengakuan dari orang lain. Pelajari diri kita mulai sejak kecil sampai sekarang pencapaian apa saja yang telah dilakukan dan bisa membawa kebahagiaan pada diri kita dan juga orang lain karena mungkin itulah hal yang menjadi kelebihan anda.

2. Bertanya pada orang di sekitar anda
Ada orang yang bilang "saya tidak bisa menilai saya sendiri, tapi orang lain lah yang menilai tentang saya".
Terkadang orang lain lebih bisa menilai tentang kita daripada diri kita sendiri, jadi tanyakan pada mereka apakah yang menjadi kelebihan kita yang mereka akui dan hargai. Misalnya ketika kita mengerjakan sesuatu katakan saja menggambar dan secara tidak kita sadari orang lain mengappraise hasil gambar yang kita buat, trus misal kita menulis dan hasil tulisan yang kita buat itu bisa membuat orang terkagum2 atau bisa merubah orang tersebut. Nah jadi jangan ragu untuk tanyakan pendapat orang lain mengenai diri kita baik mengenai kelebihan dan juga kekurangan kita agar kita bisa lebih mengembangkan kelebihan tadi dan memperbaiki kekurangan yang nantinya bisa membawa kesuksesan bagi kita.

3. Ciptakan dan Bentuk sendiri kelebihan anda

Nah sebenarnya kelebihan tidak hanya suatu bakat alamiah, tetapi kelebihan itu dibentuk oleh orang itu sendiri melalui usaha dan proses yang tidak mudah. Ok mulai sekarang yakinkan diri kita kalau kita itu hebat. Katakan pada diri sendiri kalau kita istimewa.
misalnya katakan "SAYA ITU CERDAS!!"
dengan begitu kita akan merasa kalau kita dituntut untuk menjadi orang yang cerdas, selalulah positif tinkhing dan hindari pikiran2 negatif yang hanya akan menjatuhkan kita. Percaya pada kemampuan yang kita miliki untuk bisa menjadi seperti yang kita inginkan, untuk bisa menciptakan kelebihan kita sendiri dan untuk bisa mengubah hidup kita sendiri. Karena perubahan pada diri kita berasal pada dalam diri kita sendiri, teruslah berusaha dan jangan menyerah dan percaya kalau yang kita lakukan nanti pasti akan berguna bagi diri kita dan juga orang lain.

4. Yakinlah pada sesuatu yang kita anggap sebagai kelebihan

Nah maksudnya kita harus lebih menghargai diri sendiri dan percaya akan kemampuan yang kita miliki. Berikan sugesti positif pada diri kita dan selalu yakin padan potensi yang kita miliki sekarang. Jadi ketika anda merasa kalau anda itu cerdas maka yakinilah kalau anda itu memang cerdas dan jadikanlah kecerdasan ini sebagai kelebihan anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara terus lah melatih dan mengembangkan kecerdasan anda serta biasakan anda untuk berpikir dan bertindak secara cerdas, karena dengan begitu lama kelamaan anda akan menjadi benar2 cerdas dan orang lain akan mengakui kalau anda itu cerdas.

5. Lakukan apa yang kita sukai dengan sungguh2

Nah apa pun yang kita sukai pasti akan enak dan juga nyaman untuk dikerjakan karena kita cenderung merasa bahagia dan senang ketika melakukannya. Untuk itu jadikanlah hal yang kita sukai tersebut menjadi kelebihan kita. Kita cuma perlu mengembangkan apa yang kita sukai tadi menjadi hal yang bisa bermanfaat bagi diri kita tersebut. Misalnya bila suka otak atik komputer maka bila kesenangan tadi terus diasah dan dikembangkan dengan baik maka itu akan bisa menjadi kelebihan dan juga bisa menjadi profesi yang bisa menghasilkan keuntungan. Nah untuk itu lakukanlah hal yang kita sukai itu dengan baik dan terus lakukan inovasi dan pengembangan sehingga hal tersebut bisa memberi kita manfaat ke depannya nanti.

Artikel Terkait:

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih infonya gan, sangat membantu sekali

Unknown mengatakan...

terima kasih atas infonya teman, anda sangat membantu.

jiwajudi.com mengatakan...

betul banget gan,trimakasih buat infonya,,

Posting Komentar