CARA MENYIKAPI KEKURANGAN DIRI

Sebenaranya tidak ada manusia itu yang sempurna, pasti mereka semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing2. Dan kebanyakan orang yang berhasil itu adalah orang yang bisa mengatasi kekurangannya dan bisa mengasah dan mengoptimalkan kelebihannya. Tapi bagaimana menyikapi kekurangan dalam diri kita? Jangan sampai keterbatasan yang kita miliki ini menyebabkan menurunnya performa dan prestasi kita. Nah di sini saya akan memberi sedikit tips untuk menyikapi kekurangan yang kita miliki.
1. Sadari kekurangan dan bersikap ikhlas dan bersyukur 
Mulai sekarang mulai lah untuk bisa menyadari apakah yang menjadi kekurangan kita. Setelah itu kita jangan menjadikan kekurangan kita sebagai hal yang bisa membuat kita depresi karena di balik kekurangan pasti kita memiliki kelebihan. Jangan biarkan kekurangan itu mematikan mental kita, pertama kita harus menghargai diri kita sendiri dengan segala kekurangan yang kita miliki dan bisa menerima dengan ikhlas apa yang menjadi kekurangan kita tersebut dan selalu bersyukur kepada Tuhan karena sejatinya manusia diciptakan Tuhan itu bukan suatu sia2 dan Tuhan menciptakan manusia tidak secara massal tetapi personal, jadi Tuhan menciptakan kita dengan sebaik-baiknya dan masing2 dari kita pasti memiliki peran dan tanggung jawab dalam kehidupan. So jangan pernah berkecil hati karena Tuhan selalu ada bersama kita.

2. Jangan pernah kecil hati dengan kekurangan yang kita miliki
Jadi jangan sampai kekurangan kita menghambat dan membatasi kita untuk berkembang. Jangan pernah merasa minder dan malu dengan kekurangan anda, tetapi bersikaplah tetap percaya diri dengan apa yang kita miliki sekarang.
tapi bagaimana caranya ya? Mungkin mengubah mindset kita yang tadinya "kekurangan itu adalah penghambat" menjadi "kekurangan itu adalah motivasi". Jadi kita harus bangga bisa berada di tengah2 orang yang lebih baik dari kita sementara kita memiliki banyak kekurangan dibanding mereka. Kita harus bisa lebih menghargai diri kita sendiri dengan kekurangan yang kita miliki. Jadi berpikirlah "saya yang punya kekurangan seperti ini bisa berada di tengah mereka yang hebat" dan yakinkan pada diri anda kalau anda yang memiliki kekurangan ini bisa menjadi lebih baik dari siapa pun.

3.Memperbaiki kekurangan yang masih bisa diperbaiki
Kalau kita memiliki kekurangan yang sudah tidak bisa diperbaiki mungkin seperti cacat maka tips no1 dan no2 itu akan bermanfaat.
Tetapi bila kekurangan yang kita miliki tersebut bisa kita perbaiki maka haruslah kita bisa mengatasi dan memperbaiki kekurangan kita. Jangan biarkan kekurangan tersebut akan selalu menjadi kekurangan kita, tetapi rubahlah kekurangan tersebut menjadi motivasi agar kita bisa menjadi lebih baik lagi. Perbaikilah kekurangan yang kita miliki dan berusahalah menjadi lebih baik dari kekurangan kita itu misalnya ketika merasa kalau kita itu bodoh jangan sampai kita tetap membiarkan kalau kita itu bodoh, jadikanlah itu sebagai sesuatu yang harus dilampaui. Jadi kita harus berusaha untuk merubah yang tadinya bodoh menjadi tidak bodoh. Tanamkan dalam pikiran semangat untuk bisa menjadi orang yang pintar agar kita bisa merubah yang tadinya itu kekurangan menjadi kelebihan kita.

4. Terbuka pada masukan dan tetap percaya diri
Jadi kita harus menerima semua masukan dan kritikan walaupun terkadang kritikan tersebut menyakitkan hati dan membuat kita emosi. Kita harus bersikap terbuka pada semua kritikan tersebut dan menggunakan kritikan tersebut sebagai alat untuk introspeksi diri yang nantinya bisa membuat kita menjadi lebih baik lagi. Selain itu jangan sampai kita menjadi jatuh dan down pada kritikan yang datang, melainkan kita harus menjadi pribadi yang kuat dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Jadi tanamkan pada diri sendiri "saya itu kuat dengan segala yang saya miliki". Karena kita itu tidak sendiri, kita masih memiliki keluarga, teman dan semuanya yang mendukung kita dan juga ingat Tuhan selalu memberikan jalan bagi orang yang mau berusaha.

5. Percaya kalau Tuhan Maha adil
Perlu diketahui kita ini diciptakan Tuhan dengan keunikan yang berbeda dan tidak sama satu dengan yang lain. Jadi janganlah menjadi kecil hati karena kekurangan yang kita miliki karena sebenarnya kita memiliki keunikan dan kelebihan yang orang lain tidak miliki. Mulai sekarang coba alihkan pikiran kita yang sebelumnya berfokus pada kekurangan yang malah membuat kita semakin terpuruk, menjadi fokus apa yang menjadi potensi2 kita dan mencoba menggali dalam diri kita untuk bisa menemukan potensi tersebut kemudian mengembangkannya menjadi sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Percaya dirilah dengan apa yang kita miliki sekarang dan berusahalah mendapatkan sesuatu yang tidak kita miliki dengan usaha dan kerja keras, serta optimis kalau apa yang kita lakukan dengan segala keterbatasan kita ini pasti nantinya bisa membuahkan hasil yang memuaskan.

Artikel Terkait:

3 komentar:

Freyzo48 mengatakan...

terima kasih, sekarang saya telah termotivasi setelah membaca artikel ini :)

Muhamad Noer mengatakan...

sya sellu mengorbankan diri saya untuk kebahagiaan orang, hingga banyak orang yg benci sama saya

Unknown mengatakan...

Thank

Posting Komentar