CARA MEWUJUDKAN IMPIAN/HARAPAN

Mungkin kita semua memiliki impian yang besar dan juga tinggi, tetapi apakah kita bisa mewujudkan cita2 tersebut menjadi kenyataan??? pertanyaan tersebut kita sendiri yang bisa menjawabnya.
Hanya sedikit sekali orang yang bisa sukses, karena kebanyakan orang hidupnya memang pasrah pada nasib atau hanya dikendalikan orang lain. Tetapi, coba renungkan, “Apakah anda Benar-Benar Rela kalau hidup Anda yang hanya 1 kali saja di dunia ini hanya dikendalikan oleh nasib atau dikendalikan orang lain ?”
Kalau jawabannya “TIDAK”, mulai sekarang tentukanlah impian Anda dan cobalah untuk mewujudkan impian tersebut menjadi kenyataan.
Ok di sini saya akan memberikan sedikit tips agar kita bisa mewujudkan impian kita tersebut:
1. Kenali diri anda sendiri 
Ok jadi sebelum anda menentukan impian anda tersebut, pertama kenali dulu diri anda sendiri, di sini maksudnya anda harus mengetahui apakah yang menjadi kelebihan dan kekurangan anda. Anda harus menggali potensi yang anda miliki dan berusaha untuk bisa menerima kelemahan yang anda miliki dan berusaha untuk memperbaikinya selama masih mungkin.
Terkadang kita memiliki kekurangan yang sudah tidak bisa kita rubah lagi, mungkin ini kondisi yang membuat anda benar2 depresi, tetapi di balik kekurangan pasti seseorang itu memiliki kelebihan yang belum mereka sadari saja. Jadi untuk menyikapi kekurangan itu tadi kita harus belajar untuk ikhlas dan tawakal, tinggal bagaimana kita bisa mencari sesuatu yang menjadi kelebihan kita dan terus mengembangkanya sampai maksimal.

2. Berani membuat impian
Selanjutnya beranikan diri anda untuk membuat sebuah impian ataupun harapan yang ingin anda capai, harapan ini bukan hanya sekedar khayalan yang tidak mungkin anda wujudkan, tetapi ini adalah harapan nyata dari anda yang ke depannya akan anda wujudkan. Harapan ini lah yang merupakan tujuan hidup anda ke depannya nanti karena harapan ini anda buat untuk bisa anda wujudkan jadi bukan cuma omong kosong dan khayalan semu saja. Mulai sekarang tentukanlah harapan anda untuk ke depannya nanti yang bisa memotivasi anda untuk bisa mewujudkanya.

3. Fokus dan Konsisten mencapai tujuan
Nah setelah anda menentukan harapan anda tadi, sekarang anda perlu untuk menyusun rencana ataupun strategi untuk mencapai tujuan anda tadi. Dan rencana yang telah anda buat itu bukan hanya sekedar ucapan ataupun angan2 saja, tetapi rencana tersebut harus anda terapkan dalam tindakan nyata.
"tidak akan ada hasil jika anda tidak berusaha, karena orang berusaha pun belum tentu berhasil". Jadi di sini tekad anda harus bulat, dan berusaha semaksimal mungkin dan tidak secara setengah2 karena usaha tidak maksimal pun hasilnya juga tidak maksimal. Selain itu kita juga harus tetap konsisten dengan usaha apa yang kita lakukan, jadi jangan sekali2 patah semangat dan berhenti berusaha, ketika anda patah semangat ingatlah kembali hal2 yang bisa membuat anda kembali bangkit mungkin misalnya dukungan dari orang tua, teman, keluarga atau yang lainnya dan mungkin anda harus selalu mengingat tujuan anda tersebut. Jadi intinya terus berusaha dan jangan menyerah.

4. Rajinlah berlatih dan kembangkan diri anda
Di sini maksudnya anda dituntut untuk bisa terus menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jadi jangan puas dengan kondisi anda yang sekarang, teruslah berlatih dan mengasah kemampuan diri anda agar anda bisa menjadi orang yang lebih baik lagi.
Seorang atlit yang rajin berlatih suatu saat ia akan memenangkan perlombaan, tetapi atlit yang malas berlatih pasti ia tidak akan bisa memenangkan perlombaan. Mulai sekarang biasakan diri anda untuk giat berlatih dan terus asah kemampuan anda agar nantinya anda berhasil. Misalnya ketika anda ingin bisa berenang maka biasakan diri anda untuk berlatih berenang, ketika anda ingin bisa berbicara di depan umum maka biasakan diri anda untuk berlatih berbicara di depan umum.

5. Belajar dari pengalaman orang sukses
Kita juga harus bisa belajar dari pengalaman. Sebelum kita belajar dari pengalaman orang lain, sudahkah anda belajar dari pengalaman sendiri??
Ada orang yang bilang "pengalaman adalah guru terbaik". Ada seorang pengusaha berhasil yang dia bahkan tidak sekolah, tetapi dia belajar banyak dari pengalaman yang dia dapat dan juga belajar dari pengalaman orang lain. Jadi ketika anda melakukan kesalahan maka pelajarilah mangapa anda bisa salah dan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan lagi, dan ketika anda berhasil maka pelajarilah hal yang bisa membuat anda berhasil dan gunakan hal itu untuk membuat anda kembali berhasil. Lalu lihatlah pengalama dari orang yang kita anggap sukses, belajarlah dari proses yang ia lalui sehingga ia bisa berhasil, jadi jangan lihat hasilnya tetapi lihatlah prosesnya. Tanyakan atau amati pencapaian apa yang telah ia lakukan dan pelajari lah bagaimana ia bisa mencapainya. Dengan belajar dari pengalaman orang lain, kita bisa mendapat banyak manfaar untuk diri kita sendiri. 

6. Rajin berdoa dan memperkuat iman
Ada orang yang pernah bilang "manusia hanya bisa berusaha tetapi Tuhan yang menentukan". Menurut anda bagaimanakah pernyataan tersebut??
Jadi intinya kita jangan pernah berhenti mencoba dan juga selalu ingat kalau Tuhan itu ada di belakang kita dan akan terus mendampingi dan mensupport kita sampai kita berhasil. Oleh sebab itu, tingkatkan terus amal dan ibadah kita karena mudah2an Tuhan memberikan kemudahan bagi kita semua dan bisa menguatkan kita dalam kondisi apapun termasuk saat kita jatuh terpuruk kita tetap kuat untuk kembali bangkit, karena orang2 sukses pasti akan selalu mengingat Tuhannya.
Jadi katakan seperti ini ketika anda berhasil "saya cuma kebetulan berhasil saja, semuanya Tuhan yang mengerjakan dan menghendaki keberhasilan saya".

7. Tingkatkan Kreatifitas
Tentunya untuk menghadapi masalah dan rintangan2 yang semakin hari akan semakin rumit dan berbeda dari yang pernah kita hadapi sebelumnya maka berusahalah untuk berpikir kreatif untuk bisa menemukan kesempatan2 baru dan solusi yang tepat untuk bisa melewati rintangan yang menghadang tersebut. Cobalah untuk melakukan hal2 yang baru dan teruslah berkreasi dengan potensi yang kita miliki ini untuk bisa mencapai atau memenuhi target yang kita inginkan. Dan selalu rencanakan hal yang akan kita lakukan dengan baik, bila yang kita lakukan tidak efektif maka coba pikirkan hal2 lain yang tentunya bisa lebih membantu kita dalam mewujudkan tujuan. Jadi intinya tingkatkan kreatifitas kita untuk melakukan sesuatu dan lakukan banyak perubahan agar yang kita lakukan tidak terasa membosankan sehingga kita tetap bisa konsisten dalam mencapai harapan tersebut.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar