CARA MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK

Setiap orang pasti akan berkembang dari waktu ke waktu dan setiap orang pasti ingin menjadi lebih baik lagi, karena ini lah yang dinamakan proses kehidupan yang tidak berkesudahan. Kehidupan ini kan dimulai sejak kita lahir trus menjadi anak2 dan sampai sekarang ini. Nah selain fisik kita yang berkembang, tetapi kita juga harus mengembangkan kepribadian kita juga. 
Jadi apakah setiap orang itu berhak menjadi lebih baik?? atau apakah seseorang itu bisa menjadi lebih baik?? Mari kita jawab ini dengan tegas "YA!! Saya harus menjadi lebih baik!!"
Nah di sini saya akan memberikan beberapa tips untuk anda agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

1. Kuatkan tekad untuk menjadi pribadi lebih baik
Mulai sekarang bila anda ingin menjadi orang yang lebih baik, maka sebaiknya dari sekarang anda harus mulai katakan pada diri sendiri
"Saya ingin berubah!! Saya akan berubah!! dan Saya harus Berubah!!"
Tanamkan pada diri anda kalau anda itu harus jadi lebih baik dari sekarang. Jadikan itu sebagai motivasi dan dorongan yang bisa membuat anda menjadi lebih baik lagi, dari detik ke detik, dari jam ke jam, dari hari ke hari, dan dari sekarang ke masa depan. Ingatlah selalu harapan masa depan yang akan anda capai dan dorongan dari orang2 terdekat anda yang terus menuntut anda untuk menjadi lebih baik lagi. Dan dalam melakukan apa pun, selalu lah berusaha untuk jadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

2. Terima masukan dari orang lain dengan terbuka
Ini adalah cara yang tepat untuk mengevaluasi diri. Dengarkanlah pendapat2 dari orang lain tentang diri kita mulai dari kelebihan hingga kekurangan kita. Terimalah saran dan kritikan yang mereka berikan itu dengan terbuka dan juga pikiran yang jernih. Semakin keras dan buruk saran dan kritikan itu sebenarnya akan semakin baik untuk kita. Jangan jadikan kritikan pedas itu sebagai penghancur semangat, tetapi jadikan itu sebagai motivasi yang membangkitkan semangat kita untuk bisa jadi lebih baik dari kritikan tersebut.
Ada orang yang mengatakan kalau "Kritikan itu adalah hal yang membangun pribadi kita"
Dengan begini jangan takut dan jatuh untuk menerima kritikan, selalulah berpikir positif dan berusahalah menjadi lebih baik dari kritikan tersebut. Jadi mari kita tunjukkan pada mereka kalau kita bisa berubah jadi pribadi yang lebih baik lagi, lebih baik dari mereka, dan bahkan lebih baik dari yang kita bayangkan..

3. Lakukan kebiasaan yang lebih baik
Kalau kita ingin menjadi pribadi yang lebih baik maka mulai sekarang biasakan diri kita untuk bertindak dan berpikir lebih baik seperti yang kita harapkan. Lebih baik mencoba sekecil apapun daripada itu cuma angan2 belaka. Ketika anda ingin menjadi cerdas maka beranikan diri anda untuk bertindak dan berpikir selayaknya orang cerdas. Lakukanlah hal tersebut secara terus menerus hingga itu akan menjadi kebiasaan baru kita dan itu akan terus melekat di dalam diri kita.
Jadi ayo kita ubah kebiasaan kita menjadi kebiasaan yang baru yang bisa membawa perubahan yang baik pada diri kita dan juga orang di sekitar kita. Mulai sekarang tunjukkan wajah kebaikan yaitu dengan "tersenyum" karena dengan tersenyum suasana hati kita akan menjadi lebih baik dan juga bisa memberi kebaikan dengan orang lain. Dan teruslah berupaya memperjuangkan kebiasaan anda karena "Kalau yang kita pikirkan baik,yang kita katakan baik dan yang kita lakukan baik, maka kita tidak mungkin salah".

4. Jangan menyerah untuk berusaha
Hidup ini pasti penuh cobaan dan rintangan. Tidak akan selamanya hidup berjalan mulus sesuai dengan yang kita harapkan. Dan pasti ada saat di mana kita merasa kalau ini sudah batasnya dan kebiasaan baik yang anda lakukan itu terasa membosankan. Ingatlah!! kalau anda menyerah di situ berarti anda memang tidak pantas untuk jadi lebih baik!! 
Jadi tanamkan pada diri anda "kalau saya menyerah sekarang. yang saya lakukan akan sia2" Tidak akan ada hasil yang akan kita dapat kalau kita menyerah, sebenarnya kita cuma perlu berusaha lebih keras lagi untuk mewujudkan sesuatu. Ketika kita belum juga menjadi pribadi yang lebih baik, sebenarnya itu sugesti yang negatif. Jadi hapus sugesti negatif tersebut dan ganti dengan sugesti positif yang memberi dorongan untuk berusaha lagi. Ingatlah dorongan2 dari sekitar kita, dari orang tua, teman, dan juga dari diri kita sendiri untuk bisa membuat kita lebih bersemangat untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. 

5. Selalu belajar
Jadi dalam hidup ini proses pembelajaran diri tidak akan berhenti. Kita yang sekarang harus bisa lebih baik dari yang kemarin dan esok kita harus bisa lebih baik dari yang sekarang. Jadi proses kehidupan ini akan terus jadi porses pembelajaran yang bisa berguna. Untuk itu ambillah setiap manfaat dari apa yang kita lakukan dan selalu cari pengalaman2 baru yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya. Dengan begitu kita akan semakin tahu di mana posisi kita saat ini. Dan kita bisa menilai apakah kita sudah lebih baik dari sebelumnya atau belum. Untuk itu gunakan setiap hari kita untuk belajar. Bukan berarti belajar itu membaca buku dan mengerjakan soal2, tetapi di sini belajar untuk menambah wawasan serta pengalaman yang bisa bermanfaat membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dan jangan takut untuk melakukan kesalahan karena kita ini selalu dalam proses belajar tapi juga bukan berarti untuk terus melakukan kesalahan, karena proses belajar itu berusaha untuk memperbaiki apa yang telah kita perbuat dan berusaha lebih baik dari waktu ke waktu.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar