RASA PERCAYA DIRI

 
Percaya diri ini berarti percaya dan yakin dengan kemampuan diri sendiri dengan segala yang dimilikinya baik keurangan ataupun kelebihan.  Percaya diri itu perlu ditumbuhkan untuk menghadapi segala hal karena dengan percaya diri ini kita bisa melakukan segala sesuatu dengan baik. Sebenarnya manusia itu dilahirkan dengan potensi yang unik dan berbeda dengan orang lain. Dan untuk bisa menjadi percaya diri tersebut kita harus lebih bisa menghargai dan juga yakin dengan diri kita sendiri.
Percaya diri akan bisa membangun seseorang menjadi tahan banting dan bisa menghadapi segala masalah dengan baik. Karena rasa percaya diri tersebut menumbuhkan semangat untuk menghadapi segala permasalahan dengan optimis. Misalnya saja orang yang percaya diri akan bisa tampil di depan umum dengan baik dan tidak terlalu terbebani dengan segala kendala yang ada. Tetapi orang yang tidak percaya diri akan larut dalam ketakutan dan rasa enggan untuk tampil di depan umum. Jadi dengan percaya diri orang akan bisa melakukan sesuatu dan menghadapi masalah yang ada dengan baik dengan tidak terlalu terbebani dengan memikirkan kekurangan yang ada tetapi berpikir untuk memanfaatkan kelebihan yang dia miliki.
Rasa percaya diri juga akan membantu dan mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu tanpa takut untuk gagal. Karena mereka percaya dengan potensi yang dimiliki dan tidak takut untuk gagal karena mereka percaya bisa berhasil. Walaupun nantinya mereka gagal, tetapi mereka tetap percaya dengan dirinya dan bisa bangkit dari kegagalan tersebut. Kegagalan tersebut digunakan sebagai pengukur potensi, jadi perlu dijadikan pelajaran yang nantinya bisa digunakan sebagai acuan untuk lebih mengembangkan potensi dan juga pribadi yang lebih baik.
Orang yang pesimis akan menganggap dan memandang banyak hal sebagai beban yang penuh kesulitan. Tetapi dengan percaya diri kita bisa memandang banyak hal dari segi yang positif dan selalu yakin dan berorientasi pada keberhasilan. Walaupun rintangan yang dihadapi itu banyak tetapi tidak akan dianggap suatu yang sulit dan selalu percaya kalau bisa melakukannya. Dan meskipun hal yang dilakukannya sulit, mereka tetap tidak akan menyerah dengan keadaan yang berat. Tetapi selalu mencari solusi dari masalah tersebut dan mencari kesempatan2 yang bisa diambil dari hal yang dihadapi tadi. Dan tidak menganggap masalah yang belum terselesaikan sebagai kegagalan, tetapi cuma masalah yang belum mendapatkan solusi yang tepat saja.
Semakin percaya diri maka akan semakin berwarna hidup seseorang. Karena dalam menjalani keseharian selalu diliputi dengan keyakinan yang tinggi pada diri sendiri dan juga semangat yang timbul dari keyakinan tersebut. Jadi orang percaya diri akan tampil dengan penuh keyakinan dan tidak mudah goyah dalam menghadapi berbagai hal. Dengan begitu tidak akan takut mencoba melakukan hal2 baru yang di luar kebiasaannya. Jadi semakin percaya diri kita akan semakin merasa bersemangat dan berani untuk melakukan sesuatu sehingga pengalaman dan pelajaran hidup yang didapat pun semakin banyak.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar