Menilai Game


Siapa sih yang tidak mengenal game? Pasti kita semua sudah akrab dan tahu tentang game. Game itu adalah seuatu bentuk permainan yang bisa membuat kita senang saat melakukannya. Tentu saja tujuan kita bermain game itu adalah untuk mendapatkan kesenangan dan juga mencari sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian kita sementara. Tetapi menurut anda apakah game itu berdampak positif atau negatif pada kita? Nah saya akan membahas sedikit tentang pengaruh dan dampak game kepada kita.
Game bisa berdampak positif apabila game yang kita lakukan itu bisa bermanfaat dan kita menyadari betul pengaruh yang akan kita dapatkan dari bermain game. Misalnya saja game yang menuntut kecerdasan dan juga menuntut kita untuk berpikir seperti tanya jawab melalui kuis ataupun video game berbahasa asing yang membuat kita belajar untuk berlatih bahasa asing. Jadi kita harus melihat game ini dari beberapa pandangan untuk bisa mendapat dampak yang positif, sehingga game tersebut ketika dilakukan akan semakin membuat kita untuk lebih belajar dan mencari pengalaman baru. Jadi ketika kita bermain game dengan bahasa inggris maka kita harus menyikapinya untuk belajar bahasa inggris juga dan bukan hanya semata mencari kesenangan semata. Sebenarnya game bisa memberikan dampak positif jika kita bisa menilainya secara tepat dan kita bisa menguasai game tersebut dalam arti kita bisa mengendalikan nafsu kita dalam bermain game. 
Terkadang bermain game juga bisa menjadi sarana refreshing di tengah kejenuhan karena ketika bermain game kita akan sedikit lupa tentang masalah dan beban yang sedang kita hadapi. Jadi game ini dijadikan sarana refreshing dan hanya sementara saja dan tidak dilakukan secara terus menerus. Sehingga kita bisa menyenangkan diri kita sendiri dan mengusir kejenuhan dengan bermain game. Tetapi bukan berarti kita benar2 melupakan masalah kita, melainkan kita cuma merefreshkan pikiran kita agar bisa lebih berpikir dengan jernih dalam menyelesaikan masalah tersebut ke depannya nanti.
Game tentu juga memiliki dampak negatif jika kita tidak bisa menguasai game tersebut dan malah kita yang dikuasai game tersebut. Jadi kita hanya akan berfokus pada game dan benar2 melupakan masalah dan tanggung jawab yang kita miliki. Seperti pengalaman yang saya dapat, saya pernah menjadi pecandu bermain game sehingga saya tidak melakukan tanggung jawab saya dengan baik dan malah menghindarinya dan juga lari dari masalah2 yang ada. Tentu ini adalah dampak negatif dari game yang sangat2 merugikan kita. Ketika kita lari dari tanggung jawab maka ke depannya nanti kita akan mendapat beban yang berat dari tanggung jawab yang telah kita tunda karena kita harus menyelesaikan tanggung jawab tersebut. Tentu saja hal ini akan membuahkan suatu penyesalan yang akan membuat kita berpikir betapa berat perjuangan kita ke depannya nanti untuk menyelesaikan tanggung jawab yang ada.
Jika kita berfokus pada game dan terus mengejar kesenangan dari bermain game maka itu akan membuat kita menjadi semakin malas dalam melakukan banyak hal. Karena yang ada pada pikiran kita hanyalah game tersebut dan lupa akan hal2 lain yang sebenarnya penting untuk kita lakukan dan harus kita lakukan. Sehingga kita secara perlahan akan merusak diri sendiri karena malas untuk melakukan hal yang penting karena terus fokus pada kesenangan yang didapat dari game. Perlu diketahui kalau kesenangan pada bermain game hanyalah kesenangan sementara dan nantinya akan membuat kita semakin lemah. Tetapi ketika kita melakukan hal yang penting nantinya itu akan membuahkan kesenangan di masa depan yang tentunya lebih bermanfaat dari bermain game.
Jadi berusahalah untuk tidak terlalu berfokus pada game tetapi gunakanlah hanya sebagai sarana untuk refreshing dan juga mencari kesenangan sementara. Karena menurut saya lebih banyak dampak negatif dibanding dampak positif karena bermain game. Oleh sebab itu lakukanlah hal2 lain yang lebih bermanfaat dan juga penting daripada bermain game, karena tentunya hal itu akan lebih berguna bagi kita. Jadikan game sebagai aktifitas sementara dan harus segera ditinggalkan untuk lebih berfokus pada tanggung jawab dan juga masa depan yang akan kita hadapi.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar