Lost My Mind


Ini sebenarnya adalah sebuah pengalaman pribadi yang baru2 ini saya alami. Beberapa saat yang lalu saya sempat tersesat pada suatu pemikiran2 yang merugikan dan memberi dampak negatif pada diri saya. Jadi ceritanya waktu itu saya sempat berfokus melakukan sesuatu, yang sebenarnya sesuatu tersebut tidak bermanfaat dan malah berdampak negatif. Waktu itu saya begitu asik melakukan sesuatu tersebut sehingga membuat saya melupakan tanggung jawab dan juga kehilangan tujuan hidup yang telah saya tentukan sebelumnya. Benar2 sebuah sesuatu yang tidak perlu dilakukan dan sebenarnya perlu dihindari. Dan sesuatu tersebut adalah "GAME". Sebelumnya saya juga sudah melakukan kesalahan yang sama, jadi saya juga pernah menjadi pecandu game dan benar2 menikmati saat2 bermain game, tetapi manfaat yang saya dapat jauh lebih kecil dari dampak negatifnya. Sebutkan saja saya menjadi seorang yang pemalas, lupa dengan tanggung jawab, melupakan masalah2 yang harus diselesaikan, tidak memperdulikan hal2 lain selain apa yang sedang saya lakukan tadi. Setelah selang beberapa lama, akhirnya saya bisa juga berhenti bermain game, dan pasti ada penyesalan yang terpikir di benak saya karena saya sudah merugikan diri saya sendiri dan juga orang lain. Pernah sesekali merasa kecewa dengan diri sendiri dan memaki diri sendiri. Tetapi itu semua juga tidak ada gunanya, toh yang sudah terjadi tidak bisa diulang kembali. Jadi waktu itu saya mencoba memperbaiki kesalahan yang saya buat dengan mencoba melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat. 
Selang beberapa lama saya sudah berhenti bermain game, tidak saya duga sebelumnya saya kembali jatuh dalam lubang tersebut. Saya menganggap remeh game tersebut dan berpikir kalau saya bisa mengendalikan pikiran saya agar tidak menjadi pecandu lagi, tetapi pada akhirnya saya kembali menjadi pecandu lagi. Benar2 sebuah kesalahan karena telah meremehkan sesuatu karena pada akhirnya sesuatu yang kita remehkan tadi bisa menghancurkan kita. Itu adalah sebuah pelajaran hidup yang bisa saya ambil dari kesalahan kedua yang saya lakukan. Jadi kesalahan kedua yang saya lakukan berawal dari meremehkan game dan mengira kalau saya sudah tidak terlalu memikirkan game tersebut, dan hanya ingin mencari refreshing saja. Tetapi pada kenyataanya berbeda, saya kembali merusak diri dan pemikiran saya dengan asik bermain game tadi, dan untuk kedua kalinya saya jatuh pada lubang yang sama. Ini tidak pernah terduga oleh saya sebelumnya karena game yang saya mainkan saat ini berbeda bentuk, jadi saya meremehkan hal tersebut. Dan kembali saya menyesal karena sudah merusak diri saya sendiri. Sebenarnya dampaknya tidak terlalu besar karena saya cuma kehilangan kebiasaan baik yang sudah saya lakukan sebelumnya, tetapi itulah penyesalan yang terbesar saya. Ini seperti menghancurkan sendiri tembok yang telah kita bangun sebelumnya. Benar2 hal bodoh yang telah saya lakukan tadi. Dan pada akhirnya setelah penyesalan dan introspeksi yang saya telah lakukan, saya kembali mencoba untuk melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat dan mencoba kembali mengulang kebiasaan2 baik yang pernah saya lakukan tadi.
Jadi dari cerita pengalaman pribadi tadi, saya ingin memberi beberapa masukan pada kita semua untuk bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat dan menghindari hal2 yang bisa menyesatkan pikiran kita tadi. Jangan sampai kejadian yang pernah saya alami tadi sampai terjadi pada anda semua, karena ini cukup saya saja yang mengalaminya. Selain itu hal2 yang bisa menyesatkan kita itu bisa muncul dalam berbagai bentuk dan tidak pernah kita duga sebelumnya. Jadi jangan menganggap remeh sesuatu yang kecil, karena hal yang kecil bila dilakukan bisa menjadi hal yang besar. Sama halnya kebaikan yang kecil, bila itu menjadi kebiasaan dan terus dilakukan berulang-ulang kali maka kebaikan kecil tersebut juga bisa menjadi besar. Untuk itu pandai2 lah untuk bisa menilai sesuatu yang baik dan yang buruk, dan juga kendalikan hawa nafsu kita karena hal yang buruk terkadang terlihat menyenangkan karena dipengaruhi oleh nafsu tadi. Jangan biarkan diri dan pikiran kita tersesat karena melakukan sesuatu yang tidak berguna, cobalah melakukan sesuatu yang bermanfaat dan juga baik agar nantinya bisa menjadi sebuah kebanggaan dan tidak menjadi penyesalan. Ingatlah kalau apapun yang kita lakukan pasti memiliki akibat pada diri kita, "kalau yang kita lakukan baik maka juga akan berakibat baik pada diri kita".

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar