Hidup Seperti Air Mengalir

Ada orang yang bilang kalau hidup ini seperti air yang mengalir. Jadi hidup kita ini akan terus berjalan seperti air mengalir dan kehidupan kita ini akan mengikuti ke mana pun arus tadi mengalir. Bukanlah peribahasa yang buruk tetapi kalau menurut saya itu kurang tepat, karena kalau hidup seperti air mengalir itu berarti kita hanya mengikuti ke mana pun arus membawa kita tanpa tahu tujuan yang jelas, dan kita hanya akan mengikuti saja aliran yang ada. Tetapi apakah hidup kita ini hanya menjadi seperti air yang mengalir tadi, yang hanya mengikuti arus saja tanpa arah yang tidak pasti dan hidup kita hanya terbawa oleh arus dan pengaruh dari luar tanpa memiliki pendirian yang pasti. Tentu saja kita tidak boleh menjadi air yang mengalir hanya mengikuti arus saja yang ada. Itu berarti pendirian kita tidak jelas dan hidup kita juga akan tidak jelas nantinya.
Selain itu seperti yang kita tahu kalau air mengalir itu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, misalnya saja sungai mengalir dari pegunungan menuju ke laut atau danau. Jadi bisa dikatakan hidup kita menuju ke arah yang lebih rendah kalau diumpamakan seperti air yang mengalir tadi. Tentu kita hidup ini ingin menuju ke arah yang lebih baik dan bukannya menuju ke arah yang lebih buruk. Untuk itu saya akan sedikit membahas tentang arti hidup seperti air yang mengalir ini.
Nah kalau menurut seseorang, "hidup ini memang seperti air yang mengalir tetapi jadilah air yang mengalir melawan arus dan bisa menuju ke arah yang lebih tinggi, seperti halnya 'air yang dipompa' ". Jadi maksudnya di sini hidup kita ini tidak ditentukan oleh orang lain dan juga tidak hanya mengikuti arus saja, tetapi jadilah orang yang bisa menentukan jalan hidup kita sendiri. Jangan menjadi orang yang mudah untuk terpengaruh dan juga terombang-ambing oleh keadaan yang ada. Untuk itu kita harus menjadi orang yang memiliki pendirian dan juga tujuan hidup yang jelas. Sehingga dengan pendirian yang kuat itu maka seseorang akan lebih kuat dalam menghadapi pengaruh dan juga bisa melawan atau menolak pengaruh2 dari luar yang bisa memperburuk kondisinya. Tetapi kita juga harus bisa menerima pengaruh2 yang positif yang bisa menguatkan tekad kita untuk mewujudkan tujuan hidup kita inginkan. Untuk itu seperti halnya air yang mengalir ke atas tentu membutuhkan sebuah dorongan dan tenaga yang kuat. Jadi untuk bisa menjadi air yang mengalir ke atas kita harus bisa menjadi pribadi yang kuat yang bisa menggerakkan kehidupan kita ini ke arah yang lebih baik. Dan tidak hanya itu saja, tetapi jadilah orang yang bisa mendorong kehidupan orang lain ke atas juga. Dengan begitu bisa diartikan kalau kita hidup ini harus bisa menentukan jalan mana yang akan kita tempuh sehingga membawa kita menuju keberhasilan yang kita harapkan, dan juga bisa membawa orang lain mencapai keberhasilan juga, dengan begitu hidup kita ini akan lebih mulia.
So jadikanlah kehidupan kita ini seperti air yang mengalir ke arah yang lebih tinggi, dan juga bawalah kehidupan orang yang lain ke arah yang lebih tinggi pula. Jadilah orang yang memiliki pendirian dan juga tujuan yang jelas, serta tentukan pilihan dan jalan hidup yang kita ambil dengan bijak tanpa terpangaruh hal2 negatif dari luar sehingga tujuan hidup kita tersebut bisa tercapai. Selain itu jadilah orang yang juga bisa memberi dorongan kepada orang lain untuk bisa mencapai keberhasilan mereka.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar