Tenggelamnya Hidup

Nah di sini saya akan sedikit membahas tentang arti tenggelamnya hidup ini. Maksudnya tenggelam di sini itu bukan berarti kita berada di bawah air ya, tetapi jauh berbeda dari yang kita bayangkan tadi. Seperti yang kita tahu, ikan hidup di air, tetapi apakah ikan itu tenggelam?? Tentu saja tidak, lalu seperti apakah kondisi tenggelam dalam hidup ini?
Tenggelam yang saya maksud di sini berarti diam tanpa usaha dan menyerah dengan cobaan hidup sehingga akhirnya dia jatuh dan terpuruk. Jadi tenggelam di sini adalah kondisi di mana kita sudah menyerah dengan keadaan kita sekarang dan tidak mau melakukan usaha untuk memperbaiki kondisi kita ini, sehingga kita tidak akan berubah dan hanya akan terpuruk saja Misalnya saja orang yang sedang menghadapi masalah yang berat dan dia merasa sudah tidak mampu lagi untuk menanggungnya. Kemudian dia menjadi menyerah dan tidak melakukan usaha apa2 untuk memperbaiki kondisi atau menyelesaikan masalahnya tadi, maka dia hanya akan merasa depresi dan dan pasrah saja dengan keadaan yang ada. Kondisi tadi itu lah yang saya maksud dengan tenggelam, yaitu diam tanpa usaha untuk memperbaiki kondisinya dan malah menjadi pasrah dan putus asa.
Ini bisa diumpamakan seperti ketika kita sedang menerima sebuah cobaan hidup. Kalau kita sudah merasa putus asa dan menyerah tanpa melakukan usaha lagi, maka bisa dibilang kita sudah tenggelam. Terkadang masalah hidup dan kondisi kita ini memang tidak seperti yang kita harapkan, tetapi kita tidak boleh hanya diam dan pasrah. Karena kalau kita cuma pasrah dan putus asa kita tidak akan merubah apa pun dan malah kondisi maupun masalah kita pun bisa menjadi semakin buruk. Dan bukan tidak mungkin kita juga menjadi menyerah dengan hidup kita dan bisa melakukan hal buruk dengan mengakhiri hidup sendiri. Seperti yang kita tahu tidak sedikit orang yang bunuh diri karena sudah tidak kuat dan putus asa dalam menghadapi kondisi dan masalah hidupnya.
So, janganlah menjadi menyerah dan pasrah dengan kondisi kita saat ini dan seberapa buruknya kondisi dan masalah yang kita hadapi.. Saat kita merasa di bawah maka kita harus berpikir kalau kita ini sebenarnya sedang diingatkan untuk bisa naik. Seperti yang orang bilang kalau Hidup ini seperti roda berputar, kadang di atas kadang di bawah. saya meralat di sini menjadi Hidup ini seperti roda yang berputar, tinggal kita yang menggerakkan ke arah mana hidup ini berjalan. Yang saya maksud ini hidup ini tidak berhenti untuk berjalan dan seperti roda yang tidak berhenti berputar, jadi ketika sudah salah memilih jalan yang kita tempuh dan mendapatkan banyak rintangan sehingga membuat kita menjadi terhambat ataupun kita menjadi jatuh dan berhenti di tempat yang buruk. Tetapi kalau kita "tenggelam" maka kita tidak akan berdiri lagi dan menjalankan roda tadi ke jalan yang lebih baik. Untuk itu marilah kita bangkit dan dengan kejatuhan dan keterpurukan kondisi kita tadi maka kita akan bisa menjadi lebih kuat dari sebelumnya saat kita terjatuh. Sehingga kita mampu menggerakkan roda itu menuju ke arah yang lebih baik dan bisa berhenti di tempat yang baik pula. Jadi berhentilah kita pada kehidupan yang layak dan mencoba bertahan agar tidak terperosok kembali ke jalan yang buruk. Dan untuk melakukan hal itu dibutuhkan sebuah perjuangan dan usaha yang keras untuk mencapai jalan yang baik. Jadi ketika kita berada di jalan yang buruk maka haruslah kita berusaha untuk memperbaiki dengan usaha yang keras dan jangan menyerah dan berhenti pada jalan yang buruk karena setiap orang bisa mengerahkan roda kehidupannya ke arah yang lebih baik asalkan dia mau berusaha dan tidak putus asa untuk memperjuangkan kehidupannya.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar