Mencoba Tertarik Pada Diri Sendiri

Rasa rendah diri dan bosan sering muncul pada orang yang tidak tertarik pada dirinya sendiri, sehingga dia menjadi orang yang malas mengerjakan sesuatu dan menganggap segala sesuatu yang dihadapi tadi adalah hal yang tidak menyenangkan dan pada akhirnya menganggapnya sebagai hal yang tidak penting dan membosankan. Jadi intinya adalah kalau kita sendiri sudah tidak tertarik pada diri kita sendiri maka kita akan menjadi mudah untuk tidak tertarik pada hal2 lain. Tentunya ini adalah hal yang sangat merugikan kalau hal2 penting yang harus kita kerjakan malah kita anggap sebagai hal yang membosankan. Jadi semua yang akan kita lakukan berasal dari apa yang kita pikirkan dan cara pandang kita pada sesuatu yang kita hadapi berasal dari cara pandang pada diri kita sendiri. Cobalah untuk lebih menghargai diri sendiri dan jangan menganggap rendah diri sendiri yang akhirnya malah membuat kita menjadi bosan dan tidak tertarik pada diri sendiri. Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips agar kita nantinya tidak merendahkan diri sendiri dan malah bisa memandang tinggi dan juga bisa tertarik dengan apa yang kita miliki sekarang sehingga tidak akan mudah menjadi bosan dengan apa yang sedang kita hadapi.
1. Jangan bandingkan kekurangan kita dengan kelebihan orang lain
Tentunya ini yang sering kita pikirkan, iya kan. Kita ini lebih sering membuat angan2 untuk bisa memiliki apa yang dimiliki orang lain dan selalu berpikir "seandainya aku seperti dia", "seandainya kondisiku sama dengan dia", "seandainya aku lebih baik dari dia". Nah kalau apa yang sering kita pikirkan adalah angan2 tentang perbandingan kelebihan orang lain dengan kekurangan yang kita miliki maka tentulah kita akan memandang rendah diri sendiri dan menjadi bosan dan sudah tidak tertarik lagi dengan diri kita apa adanya. 
Nah untuk itu cobalah untuk bisa ikhlas dengan kekurangan yang kita miliki dan carilah kelebihan yang kita miliki. Cobalah untuk membandingkan kelebihan yang kita miliki dengan kekurangan yang dimiliki orang lain. Ingatlah kita ini istimewa dan kita ini spesial, dan Tuhan pasti memiliki rencana sendiri untuk kita. Jadi banggalah dengan kelebihan yang kita miliki dan jangan lupa bersyukur atas apa yang kita miliki karena semuanya itu berasal dari Tuhan. Dan bahkan kekurangan yang kita miliki juga dari Tuhan, karena itu adalah suatu pengingat yang disampaikan oleh Tuhan, agar kita ini lebih mau berusaha untuk bisa memperbaiki kondisi kita ini. Jadi intinya jangan malu dengan kekurangan yang kita miliki, tetapi banggalah dengan kelebihan yang kita miliki. Dengan begitu maka kita akan lebih bisa tertarik dengan diri sendiri dan tidak akan bosan untuk melakukan hal apa pun.

2.Jangan Mengeluh Dengan Kondisi Kita
Seringkali kita ini mengeluh dengan kekurangan kita dan kondisi kita yang kurang. Nah itu semua kan malah mengakibatkan kita menjadi tidak tertarik lagi dengan diri kita dan membuat kita rendah diri. Memang terkadang sulit melakukan sesuatu dengan keterbatasan yang kita miliki, tetapi itu bukanlah sesuatu yang mustahil, malah sebenarnya menjadi suatu keharusan melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya dengan segala kekurangan yang kita miliki. Jangan merasa kalau kita kurang kita tidak bisa melakukan sesuatu dengan baik, coba berpikir melakukan seusatu dengan cara yang lain tentunya dengan yang kita bisa tetapi lakukanlah hal tadi dengan totalitas dan sungguh2. Karena nantinya pasti kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari orang lain bahkan yang memiliki kelebihan.
Jadi intinya jangan mengeluh dengan kondisi kita karena kalau kita mengeluh tidak akan menghasilkan apa2 dan malah membuat kita menjadi benci pada diri sendiri. Jadi terimalah segala apa yang kita miliki ini dengan ikhlas dan bersyukur, baik itu kelebihan maupun kekurangan yang kita miliki. Jangan pernah mengeluh pada apa pun, tetapi lakukan segala sesuatu dengan totalitas. Misalnya bila kita tidak bisa menyelesaikan masalah A dengan cara 1, maka cobalah mencari cara 2 atau 3 yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalah tadi. Tetap bangga dan percaya diri dengan diri sendiri. Tertariklah pada diri sendiri dan lakukan hal2 yang menarik, maka kita akan menjadi orang yang menarik.

3. Jangan menyiksa diri dengan pandangan pribadi yang negatif pada diri sendiri
Tidak jarang kita selalu beranggapan kalau kita ini kurang, kalau kita ini tidak mampu, kalau kita ini tidak pantas. Nah sebenarnya pandangan2 tadi lah yang malah merusak diri kita sendiri dan membuat kita menjadi orang yang selalu merasa kurang dan tidak menyukai diri sendiri. So, berikan lah sugesti2 positif pada diri kita yang bisa membangun rasa percaya diri kita dan juga membuat kita menjadi lebih bangga dan tentunya membuat kita lebih tertarik dengan diri sendiri. Pikirkan segala sesuatu dengan positif, termasuk menilai diri sendiri. Pikirkan saja kebaikan2 yang bisa kita lakukan dan hal apa yang bisa kita kerjakan dengan baik sehingga membuat kita bangga.
Selain itu semua orang pasti bisa melakukan sesuatu kalau dia memang bisa, dan semua orang layak menjadi seperti yang apa mereke inginkan kalau memang mereka layak. Jadi kalau kita ingin melakukan sesuatu jangan pernah berpikir kalau kita ini tidak bisa, tetapi selalu berpikirlah kalau kita itu bisa. Selain itu kalau kita ingin menjadi seperti apa yang kita harapkan, maka pantaskan diri kita untuk menjadi seperti apa yang kita harapkan tadi. Tentunya itu butuh proses dan usaha yang haru dilakukan. Tetapi kalau kita sudah merasa bisa dan pantas, maka selanjutnya kita bisa melakukan sesuatu dengan penuh percaya diri. Dan juga buat pandangan positif yang bisa membuat kita lebih menghargai dan juga membuat kita lebih tertarik pada diri kita sendiri.
 "Selalu Tampil Menarik dan Ceria pada Kondisi Apapun"

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar