BIJAK

 
Bijak yang saya maksud di sini adalah sifat di mana kita pandai menentukan sebuah pilihan yang tepat sehingga menuntun kita ke arah yang lebih baik serta orang yang pandai dalam membuat keputusan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Nah orang yang bijak ini biasanya orang yang sudah memiliki banyak pengalaman dan juga pengetahuan tentang banyak hal. Jadi dengan pengalaman dan pengetahuan yang dia miliki tadi, orang itu akan bisa membuat sebuah keputusan ataupun sebuah pilihan dari banyak pilihan yang dihadapi, di mana pilihan yang dia ambil tadi bisa bermanfaat bagi dirinya dan bahkan bagi orang lain.
Orang yang bijak itu pandai dalam membuat sebuah keputusan, di mana keputusan yang diambil tadi adalah keputusan yang paling baik di antara banyak keputusan yang baik. Terkadang kita memang dihadapkan pada beberapa pilihan yang kita rasa kalau semua pilihan itu baik. Tetapi cobalah untuk belajar menjadi orang yang bijak, Dari pilihan2 yang ada tadi cobalah membuat pilihan yang paling bisa memberi manfaat pada diri kita walaupun pilihan tersebut kurang kita senangi. Karena yang kita senangi itu belum tentu bermanfaat bagi kita, karena terkadang kesenangan itu hanya menuruti hawa nafsu kita saja sehingga manfaat yang akan kita dapat nantinya tidak terlalu banyak. Tetapi buatlah sebuah pilihan yang bermanfaat dan cobalah untuk menyukai apa yang kita lakukan. Perlu diingat "lakukan apa yang kamu sukai, dan sukai apa yang kamu lakukan". Jadi di sini lebih ditekankan untuk menyukai apa yang akan kita lakukan tadi yang tentunya bisa bermanfaar bagi kita. Dan bukannya melakukan kesenangan semata, karena senang bukan berarti sama dengan suka. Kalau kita melakukan yang yang kita sukai dan juga menyukai hal yang kita lakukan maka itu bisa memberi manfaat bagi kita walaupun kita sadar atau tidak kalau hal tersebut bermanfaat.
Bijak itu didapat dari sebuah pengalaman dan pengetahuan yang banyak. Terkadang kita memang bisa membuat keputusan yang tepat, tetapi tidak seterusnya kita bisa membuat keputusan yang tepat.Untuk itu belajarlah untuk menjadi orang yang bijak yang pandai dalam membuat keputusan, tingkatkan terus pengetahuan yang kita miliki, cobalah untuk belajar dari pengalaman2 kita sebelumnya, dan juga belajar dari pengalaman orang lain. Karena semakin kita memiliki banyak pengalaman hidup dan juga pengetahuan tentang banyak hal maka kita akan lebih bisa memilih jalan hidup yang akan kita ambil tentunya yang sesuai dengan diri kita dan juga tujuan hidup yang kita miliki. Coba orientasikan segala yang kita lakukan ataupun apa yang akan kita lakukan dengan tujuan hidup kita ini. Untuk itu coba tentukanlah tujuan hidup yang jelas, yang bisa kita capai kemudian hari nanti. Nah dengan tujuan hidup yang telah kita tetapkan tadi maka lakukan saja sesuatu yang bisa mendukung tujuan hidup tadi sehingga bisa terwujud. Hindarilah melakukan hal2 yang kurang bermanfaat ataupun tidak bermanfaat bagi kita, janganlah menyia-nyiakan hidup kita dengan melakukan hal2 yang tidak bermanfaat tadi. Karena biasanya hal2 yang tidak bermanfaat tadi merupakan hawa nafsu yang nantinya malah membuat kita semakin lemah dan buruk saja. Cobalah untuk melawan hawa nafsu kita, misalnya saha rasa malas, rasa takut, ataupun hanya ingin mencari kesenangan semata. Semua tadi tidak akan membuat kita bisa mewujudkan tujuan hidup kita. Lakukan hal2 yang bermanfaat dan buatlah keputusan yang tepat sehingga kita tetap berada pada jalur untuk mewujudkan impian kita.
Orang bijak juga pandai dalam menyelesaikan masalah seberapa beratpun masalah yang dihadapi. Jadi maksudnya di sini adalah orang yang bijak itu akan memikirkan sebuah masalah tadi dengan baik, Dia menyiapkan berbagai pertimbangan dan juga solusi2 yang ada. Kemudian dari solusi2 dan pertimbangan yang ada tadi dia mengambil sebuah keputusan yang paling tepat untuk menyelesaikan masalahnya tadi. Nah untuk melakukan hal tersebut butuh sebuah pengalaman, jadi untuk bisa menjadi orang yang bijak dalam menyelesaikan sebuah masalah kita perlu untuk sering menghadapi masalah dan bukannya menghindari masalah tersebut. Ingatlah kalau kita menghindari suatu masalah, terkadang masalah tersebut akan menjadi besar di kemudian hari. Jadi selesaikan masalah yang ada dengan secepatnya dan juga sebaik-baiknya. Terkadang kita memang merasa khawatir akan sebuah masalah, tetapi sebenarnya itu merupakan suatu pertanda yang baik kalau kita ini serius untuk menghadapi masalah tersebut. Luapkan kekawatiran kita pada tindakan2 yang nyata sehingga apa yang kita kawatirkan tadi bisa teratasi. Ini seperti jangan terlalu lama untuk mengkawatirka sesuatu, tetapi coba kerjakan saja sesuatu yang bisa menyelesaikan kekawatiran kita tadi. Misalnya kita sedang mendapat tugas yang berat dan kita menjadi kawatir akan tugas tersebut karena kita ragu bisa menyelesaikannya. Nah dari kekawatiran kita tadi coba lapiaskan ke tindakan nyata mulai dari mengenali tugas itu dengan baik dan mencari solusi2 untuk menyelesaikan tugas itu. Serta cobalah untuk menyelsaikan tugas tersebut sedikit demi sedikit sehingga tidak terasa berat lagi.
Untuk itu menjadi bijak dibutuhkan sebuah proses yang tidak singkat, kita perlu memiliki pengalaman dan juga pengetahuan yang banyak. Untuk itu kembangkan diri kita ini, perluas pengetahuan kita dan juga tambah pengalaman kita ini. Tidak cuma membaca buku tetapi kita juga bisa melihat cara orang lain dan juga tindakan2 orang lain dalam menghadapi sesuatu. Selain itu nasehat juga bisa berguna karena nasehat itu juga berasal dari pengalaman dan pengetahuan orang lain. So, "pikirkan sebelum bertindak, dan bertindaklah dengan secepatnya tanpa terlalu lama berpikir."

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar