Kekurangan Adalah Sebuah Perintah Untuk Menjadi Lebih


Mungkin kita memang terlahir dengan banyak kekurangan dibandingkan dengan orang lain. Mungkin juga kondisi kita ini lebih buruk dibandingkan dengan orang lain. Mungkin kita ini lebih bodoh, lebih jelek, lebih miskin, lebih pemalu, lebih kotor, lebih gak kreatif didandingkan orang lain. Dan terkadang kekurangan2 tadi lah yang menghambat kita untuk bisa melakukan sesuatu yang kita inginkan. Bisa saja kita ingin membeli ini itu tetapi tidak punya uang, ingin menjadi presiden tetapi tidak pintar. Sebenarnya yang membuat kekurangan itu menjadi suatu penghambat itu adalah diri kita dan pemikiran kita yang salah. Memang kita ini lebih bodoh dibandingkan orang lain, tetapi bukan berarti kita tidak bisa menjadi lebih pintar dibandingkan orang lain. Terkadang banyak orang sudah menyerah melakukan sesuatu karena merasa dirinya itu kurang dan tidak mampu melakukannya. Nah itulah pemikiran yang salah karena sebenarnya semua orang itu mampu melakukan sesuatu tapi proses dan waktunya berbeda. Mungkin kita tidak bisa membeli sesuatu sekarang, tetapi kalau kita mau berusaha dan nantinya bisa menjadi orang yang lebih baik maka kita juga akan mampu membeli sesuatu. Jadi itu semua tergantung dari orangnya sendiri. Walaupun kita ini bodoh, miskin, tersingkir, gak kreatif dan sebagainya tetapi kita tetap bisa melakukan sesuatu dan tentunya tetap bisa merubah kekurangan kita ini menjadi suatu kelebihan di masa datang. Orang yang dianggap bodoh karena tidak lulus SD pun sekarang bisa menjadi orang yang sukses dan juga berhasil seperti seorang pengusaha di Indonesia ini. Dia mengaku kalau dia itu memang bodoh dan tidak lulus SD, tetapi pengalamanlah yang membuat dia menjadi seperti sekarang ini. Jadi kalau kita mau berusaha kita pasti bisa merubah kekurangan kita, atau mencari jalan lain untuk bisa berhasil dengan segala kekurangan yang kita miliki. Yang utama adalah jangan jadikan kekurangan kita ini sebagai suatu penghambat, tapi jadikan kekurangan kita menjadi suatu pendorong atau perintah untuk bisa menjadi lebih.
Selain itu cobalah untuk selalu bersyukur dengan kondisi kita ini, karena orang lain mungkin lebih buruk dibandingkan kita. Jadi jangan putus asa dengan keterbatasan kita, karena orang lain yang lebih terbatas dari kita saja tetap berjuang untuk bisa hidup. Apa kita tidak malu dengan orang2 kecil yang masa tuanya dihabiskan untuk bekerja membanting tulang hanya untuk mendapatkan sekantong beras yang hanya cukup untuk makan dua kali. Jadi harusnya kita ini lebih bersyukur dengan kondisi kita ini. Anggaplah kalau kita ini masih beruntung dibandingkan orang lain. Jadi misalnya kalau kita bodoh katakan saja untuk tidak sebodoh mereka. Kalau kita miskin, untung tidak  semiskin mereka. Nah cobalah untuk bisa membuka mata dan pikiran kita, kalau masih banyak orang lain yang tidak seberuntung kita ini. Dan bersyukur kalau kita ini masih diberi kesempatan untuk hidup oleh Tuhan dan masih diberi kesempatan untuk merubah kondisi kita dan juga merubah kondisi orang lain. Jadi selalu ingatlah "Kemiskinan adalah perintah untuk mengkayakan diri, dan kekayaan adalah perintah untuk mengkayakan orang lain". Jadi kalau kita memiliki kekurangan, itu adalah suatu pertanda yang diberikan Tuhan kalau kita ini harus bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jadi anggaplah kekurangan tadi adalah sebuah perintah yang diberikan Tuhan kepada kita, agar kita mau berusaha lebih keras lagi untuk bisa merubah kehidupan kita menuju ke arah yang lebih baik lagi. 
Seperi yang kita tahu kalau semua orang itu memiliki kekurangan, tinggal bagaimana kita bisa menggunakan kekurangan tadi menjadi sebuah kekuatan dan dorongan yang bisa membuat kita menjadi merasa terpacu untuk bisa berbuat lebih baik dan melakukan hal2 yang bisa membuat kondisi kita ini menjadi lebih baik. Termasuk saya ini juga memiliki kekurangan yang tentunya jauh lebih buruk dari apa yang orang lain bayangkan. Jadi kekurangan saya ini sudah diketahui oleh orang lain, tetapi apa yang orang lain ketahui tentang kekurangan saya ini jauh dari kebenaran yang ada. Karena kekurangan yang saya miliki ini jauh lebih buruk dari apa yang mereka ketahui. Dan yang tahu kebenarannya hanya diri saya sendiri, tidak keluarga, tidak juga orang lain. Cukup kekurangan dan masalah pribadi menjadi rahasia pribadi sendiri dan tidak perlu ditampilkan pada orang lain, yang perlu saya tampilkan adalah kelebihan saja. Tetapi sekarang kekurangan tadi tidak lagi menjadi sesuatu yang membuat saya semakin lemah sekarang ini. Tetapi saya bisa menjadikan kekurangan saya tadi sebagai suatu hal yang mendorong dan membanggakan, karena saya yang punya kekurangan ini bisa berada di tengah2 orang2 yang hebat. Jadi kalau saya bisa mengatasi kekurangan yang sangat besar dan saya yakin orang lain tidak akan tahu bagaimana rasanya dan bagaimana putus asanya saya, So, kenapa anda tidak bisa?? Jangan pernah mengeluh dengan apa yang kita miliki sekarang, tetapi berusahalah untuk merubahnya menjadi hal yang lebih baik lagi. Karena saya yakin kita semua pasti bisa, dan saya yakin anda semua jauh lebih baik dari saya.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar